Manfaat Papan Permainan “Indomilk Jagoan Boboi Boy” dalam Melatih Kemampuan Anak

by - 3/22/2016

papanpermainanindomilkboboiboy_manfaat boardgame


Bicara tentang anak, memang tidak ada pernah habisnya. Mulai dari mereka bangun tidur sampai mereka anteng lagi di atas kasur, selalu saja ada banyak cerita. Apalagi bila terkait dengan pendidikan anak.

Pendidikan anak jaman sekarang tidak hanya berkisar seputar buku dan sekolah, tapi aktivitas bermain pun kini juga menjadi bagian dari pendidikan anak.

Peran permainan edukatif dalam melatih kemampuan anak

Seperti kita tahu, bahwa saat ini anak-anak telah terpapar dengan banyak permainan digital; yang meskipun telah diberi nama dengan edukasi, tetap tidak dapat memberikan manfaat maksimal untuk perkembangan anak. 

Psikolog Saskhya Aulia menerangkan pentingnya memilih permainan edukatif yang tepat untuk anak

Menurut Saskhya Aulia Prima M.Psi, permainan digital hanya mengembangkan beberapa sisi dari kemampuan anak.

“Dewasa ini, kemajuan teknologi komunikasi dan internet memang telah mempengaruhi perilaku sosial yang menyebabkan anak cenderung asyik bermain dengan dirinya sendiri, sehingga waktu anak untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya pun berkurang.”
(Siaran Pers, PT Indolakto, 16 Maret 2016)

papanpermainanindomilkboboiboy_manfaat boardgame
Coba amati grafiknya, beda kan manfaat permainan digital dan permainan real-life?

Padahal, permainan edukatif diharapkan mampu mengembangkan kemampuan berpikir anak (kognitif), kemampuan fisik, juga kemampuan emosi sosial (socio-emotional).

Untuk itulah perlu sekali sebuah media permainan edukatif yang bisa memberikan kesempatan bermain yang menyenangkan sekaligus sarana untuk berinteraksi dengan teman-temannya. 

Manfaat papan permainan “Indomilk Jagoan Boboiboy”

papanpermainanindomilkboboiboy_manfaat boardgame
Papan permainan Boboi Boy arena Antariksa

Sebagai salah satu produsen susu terbesar di Indonesia dan telah lama menjadi bagian dari keluarga Indonesia, PT Indolakto (produsen susu Indomilk) membangun sebuah kerja sama dengan Animosta, pemilik brand Boboi Boy.

Kerja sama tersebut berbentuk pemakaian karakter Boboi Boy dalam rancangan papan permainan Indomilk. Papan permaianan ini dirancang oleh tim Indomik guna mendukung kemampuan kognitif dan interaksi anak.

Karakter Boboi Boy dipilih karena Indomilk juga ingin membawa semangat dan nilai pertemanan yang identic dengan karakter Boboi Boy, yaitu energik, aktif, imaginatif, dan fun.

Ada 10 manfaat yang bisa anak peroleh dari papan permainan “Indomilk Boboi Boy”, yaitu

papanpermainanindomilkboboiboy_manfaat boardgame
Nyobain main papan permainan Boboi Boy
1. Mempererat hubungan anak dengan keluarga dan teman-temannya
2. Melatih kerja sama dalam tim
3. Mengasah kecerdasan matematik
4. Mampu berfikir ke depan
5. Memperkuat ketahanan mental
6. Berani Mengambil Keputusan
7. Berlaku sportif
8. Belajar tanggung jawab
9. Belajar saling menghargai
10, Belajar cara berinteraksi langsung dengan teman.
Kalo pengalaman saya pribadi, ada satu lagi manfaat dari permainan ini, yaitu berlatih kesabaran. Untuk dapat memainkan permainan papan ini, Hana harus mengumpulkan 24 karakter Boboi Boy yang ada dikemasan susu UHT Indomilk.

rahayupawitri_papanpermainanboboi boy
Hana nyobain susu segar Indomilk kemasan baru (sumber gambar: Press Release Indomilk)

Dan itu bukan hal yang mudah untuknya. Karena Hana sedang belajar mengatur uang, maka ia hanya bisa membeli 1-2 susu sehari. Ia berusaha bersabar mengumpulkan setiap karakter, meneliti satu persatu karakter mana yang belum ia miliki dan seterusnya.

Sportivitas Hana juga diuji saat bermain permainan ini. Biasanya kalo sedang bermain dengan tantenya, dia tidak mau kalah dalam hal apa pun, tapi karena dalam papan permainan ini sudah jelas aturannya, maka Hana tidak bisa mengelak saat ia kalah.

Bermainan papan permainan Boboi Boy bersama tante dan teman

 Cara mendapatkan papan permainan “Indomilk Jagoan Boboi Boy”

Papan permainan “Indomilk Jagoan Boboi Boy” dapat diunduh langsung di situs resmi Indomilk (sila salin rekat link berikut pada kolom alamat browser sahabat http://www.indomilk.com/boboiboy/).
Oya, ada lima jenis papan arena yang si kecil bisa pilih, yaitu papan arena antariksa, samudra, taman, antartika dan angkasa.

papanpermainanindomilkboboiboy_manfaat boardgame

Aturan cara memainkannya sebagai berikut :

papanpermainanindomilkboboiboy_manfaat boardgame

Nonton video ini juga boleh kok


Oya, ada satu pesan dari psikolog Saskhya Aulia, agar anak-anak tertarik bermain permainan ini, sangat disarankan agar orangtua juga bersedia bermain bersama anaknya.

Promo Boboi Boy ini akan berlangsung mulai bulan Maret hingga bulan pertengahan tahun ini, seiring dengan akan diluncurkannya film Boboi Boy di bulan April mendatang.

Jadi, masih ada kesempatan yang panjang untuk mengoleksi ke-24 jagoan Boboi Boy beserta papan permainannya, bukan? Jika telah terkumpul, bermainlah bersama anak untuk mengisi waktu luang Sahabat.


papanpermainanindomilkboboiboy_manfaat boardgame

You May Also Like

5 komentar

  1. Wah Hana suka sama karakter Boboi Boy ya Mbak. Seru memang kalau ikut bermain, kadang kala anak sudah berhenti main tapi ibunya malah keasyikan main sendiri. Hahaha. Itu aku ding Mbak :D :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak, dia sangat suka film action anak-anak seperti Boboi boy.

      Delete
  2. pantesan aja anak-anak pada seneng main model Boboy-an seperti ini. Sangat mengedukasi dan menstimulasi kognitif ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang nge-trend memang mbak. Anak kecil kan memang senang kalo anak seusianya bisa menjadi jagoan

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.