My New Year Resolution, Oppo R7s

by - 1/08/2016


Oppo R7s


Seminggu yang lalu, salah seorang kawan blogger mengajak untuk berpartisipasi dalam give away yang ia adakan. Terpaksa saya menolak, karena give away yang digelar menggunakan aplikasi Instagram.

Bukan tak ada akun instagram, tapi, karena saat ini, saya tidak bisa menggunakan akun instagram. Entah mengapa, satu-satunya phablet yang saya miliki sejak beberapa bulan yang lalu tidak bisa untuk menjalankan aplikasi instagram.

Jujur, sebagai blogger saya merasa ada yang kurang, karena,- mau tak mau,- media sosial tetap menjadi salah satu senjata bagi orang-orang seperti saya. Entah untuk live competition, share tulisan, termasuk ikut give away dari teman.

Oke, hunting phablet pun dimulai. Kok phablet?

Iya, saya lebih suka yang all ini one. Kemana-mana biasanya saya jalan sama krucil tercinta, jadi, mau tak mau bawaan keperluan krucil malah lebih banyak dibanding emak.

Yang saya pengen sebetulnya nggak banyak; sekitar 7 poin utama ^_^



spesifikasi oppo R7s
Yang saya harapkan dari Oppo R7s
Biasanya, saya milih hand phone/ phablet/ tablet karena pertimbangan harga, yang penting bisa buat “Halo”, sms, ceki-ceki sosial media dan email, cukup sudah. Sayangnya, yang begini biasanya hanya tahan 1-2 tahun, habis itu sudah, jebol, kebanting hana, gores sana-sini, lelet, dan seterusnya.

Makanya kali ini sedikit agak “maksa”; nyari yang benar-benar sesuai dengan 7 kriteria diatas. Bukan pengen gegayaan atau kekinian, justru karena pengen punya gawai yang bisa saya pakai dalam rentang waktu cukup lama (bagaimanapun perhitungan ekonomis emak tetap diatas segalanya he he he).

Jadilah browsing sana-sini, nyobain gawai kawan ini-itu, baca review phablet dalam dan luar negeri, dan nemu satu produk, baru nyampe di Indonesia baru-baru ini, Oppo R7s.

Baca dari beberapa review gadget di luar negeri sana, rata-rata produk ini mendapat rating 4-5.

So, mulailah saya ngulik, cek satu-persatu apakah sesuai dengan kriteria yang saya cari.

1.Space atau penyimpanan besar

Lelah banget, setiap kali hendak ambil gambar atau foto, selalu saja ada peringatan, ruang penyimpanan tidak lagi mencukupi. Yach ... mau nggak mau, akhirnya ambil kamera, pindah ke PC, baru bisa upload. Itu kalau kejadian yang hendak diabadikan masih lama, lha kalau pas buru-buru, ya... Keburu lewat momennya kan?

Nah, jadi, ruang penyimpanan ini adalah yang pertama dan utama untuk saya. Tidak hanya sekedar untuk menyimpan gambar, tapi juga beberapa aplikasi yang bisa mendukung aktivitas nulis dan blogging saya.

Situs resmi Oppo R7s, menyebutkan bahwa gawai ini memiliki prosesor delapan inti (Qualcomm MSM8939 Octa-core dan RAM 4GB; membuat kinerja perangkat tidak hanya cepat, tapi juga ruang yang lega untuk pelbagai jenis file.

Kabarnya kita juga bisa menambahkan microSD yang berkapasitas 128 GB. Hmm ... what could I say for more?

2.Kamera mumpuni

Nah, ni dia senjata utama blogger nomor 2. Sudah bukan rahasia, konten tanpa gambar terasa sayur kurang garam. Dan konten dengan gambar buram, seperti sayur bergaram tapi tak beryodium; cukup, tapi nggak maksimal.

Ini adalah syarat kedua untuk gawai impian saya, nggak boleh di tawar. Repot aja kalau setiap kali musti bawa kamera digital kemana-mana.

Oppo R7s memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 mega pixel dan kamera depan 8 mega pixel. Spesifikasi lainnya adalah Aperture Rear: f/2.2 Sec: f/2.4.

Teman bilang aperture yang kecil memungkinkan objek yang ingin kita bidik semakin jelas dan mengaburkan gambar disekitarnya. Waktu itu, si, dia ngasi contoh gambar semacam ini.

Aperture membuat kamera mengumpulkan lebih banyak cahaya pada obyek (pic. source: pixabay.com)

3.Koneksi 4G

Wah, apalagi yang ini, jelas wajib banget. Selain menyimpan file di hardware, saya juga mencadangkan pekerjaan saya pada penyimpanan awan (cloud storage). Jadi, bila perangkat tak mendukung untuk kerja koneksi yang maksimal, yach, apa kata dunia...

Produk Oppo terbaru ini, sudah jelas mendukung koneksi 4G, layanan data yang sekarang juga sedang digadang-gadang oleh banyak provider di Indonesia. Kirim video, gambar, atau file bentuk lain, tentu menjadi tak masalah lagi bukan?

4.Responsif

Saya paling suka mengabadikan momen-momen tertentu. Jadi, berharap banget bila smartphone yang saya gunakan juga membantu hobi saya itu.

Saya pengen banget cobain Oppo R7s ini karena beberapa situs review menyebutkan bahwa kita cukup membuat pola tertentu sebagai perintah untuk mengaktifkan kamera meski gawai dalam kondisi terkunci. Dan fitur one hand-nya juga memudahkan pengguna untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

5.Baterai tahan lama

Kalau pas ikut even live tweet, tentu paling sebel banget kalau gawai (dalam hal ini smartphone, phablet, atau tablet) yang kita gunakan tiba-tiba habis baterai, pas seru-serunya kompetisi.

Masih dari rujukan pelbagai situs review, seri Oppo yang satu ini tahan selama 7 jam pada kondisi aktif, dan 12 jam pada kondisi stand by. Wah, cukup lah ya, untuk tahan di acara live competiton. 

Oya, daya chargingnya lumayan cepet lho, dengan 5 menit kita bisa mendapatkan daya setara dengan 2 jam waktu bicara. 

6.Layar cukup besar

Meski sekarang sedang banyak model kecil, tapi untuk saya mah, gawai layar sentuh tetep enak dengan layar besar. Biasalah fakor “U” he he he.

Oppo R7s memiliki layar 5.5 inch, masih cukup untuk mata saya yang mulai menua. Ditambah dengan layar amoled, tampilan di screen pasti lebih nyaman. Oya, di situs resminya malah tertulis kalau layar sentuhnya juga sensitif dengan penggunaan sarung tangan dan ... tangan basah. Asik, ni, kalau lagi di dapur atau nyuci, tiba-tiba ada ide, tinggal sentuh dan langsung bisa memindahkan ide yang muncul.

7.Tampilan feminin

Namanya juga wanita, tampil gaya di segala usia pasti tetap jadi idaman. Melihat gambarnya di situs resmi Oppo, aduh, bikin saya terbayang-bayang di mata ni. Meski menyasar kalangan menengah, tapi desain Oppo seri ini cantik sekali. Dengan lapisan beludru, membuat desainnya terlihat elegan dan cantik. Eh, saya naksir yang Rose Gold tu, manis banget ...

Selain ngulik dari situs-situs luar negeri, dan situs resmi, nonton unboxing-nya wajib dong.


Dari unboxing ini kelihatan banget kalau Oppo tahu kebutuhan dari penggunanya. Buktinya hal remeh seperti SIM Card Ejector pun diperhatikan. 

Jadi ..., sepertinya saya harus menambah daftar resolusi di tahun ini ni, dapetin Oppo R7s he he he (*nglirik tabungan).

You May Also Like

6 komentar

  1. Emang henpun ini bikin klepek-klepek ya, Mbak. Aku juga ngileeerrrr. Sukses yaa lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak, jika melihat speknya dengan harga terjangkau si, lumayan. Tinggal mencari waktu untuk ngoprek di counter terdekat he he he
      Matur nuwun doanya, terima kasih sudah mampir kesini

      Delete
  2. asik ya kalau batre tahan lama.. gak sering ngecas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo, mbakyu. Kabare, android yg sering ketemu power bank tu nggak awet juga. makanya kalo tahan lama cukup lumayan kan?

      Delete
  3. Oppo ini emang bikin mupeng banget deh. MAri menabung buat beli ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ni, mak. mangga kencleng saya, dengan senang hati bila hendak diisi ha ha ha

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.