7 Aplikasi Nge-Blog Favorit untuk Saya

by - 11/29/2015



Sebulan yang lalu, pas banget mau balik Bekasi, saya lemez dumez; pasalnya si Ungu ngambek, windows-nya ngga bisa booting. Nggak tahu kenapa. So, begitu sampai tujuan, langsung cuzzz menuju ke Service Center.

Solusi yang di tawarkan cuma satu; ganti hard disk. Walhasil, ilang deh semua kerjaan, draft fiksi, foto-foto pribadi, termasuk bahan nge-blog. 

Belajar dari pengalam tersebut, akhirnya saya berpikir, bahwa selain aneka perangkat canggih yang biasa di pakai nge-blog, saya juga butuh aplikasi lain untuk  menjaga serta membantu acara nge-blog makin lancar. 

Nah, kalo buat saya, aplikasi nge-blog yang okeh tu .....


1. Aplikasi Cloud Storage


Pas maju ke servis center ASUS, si mbak bilang, “Datanya di back-up dulu, bu, agar ga hilang.” Kyaa... gimana mau back up kalo windows-nya booting aja enggak....

  
Nah, jadi sekarang, saya lebih memilih memanfaatkan cloud storage untuk menyimpanan data dan foto. Baik data untuk proyek atau tulisan yang sedang saya kerjakan, atau pun foto-foto saat datang ke acara Blogger. 

Saya pilih Google Drive, sebagai cloud storage saya. Pertimbangannya, Google Drive menyediakan space yang cukup besar, saya gunakan untuk menyimpan foto-foto saat mendapat undangan blogger. Foto-foto semacam ini tentu ga bisa kita ulang, kan? Beda dengan foto buatan sendiri.

Bila reportase sudah saya buat, saya pindahkan semua foto ke CD agar lebih awet disimpan (siapa tahu nanti butuh lagi) sekaligus memberi space baru untuk foto-foto yang akan datang.

Selain Google Drive, saya juga memanfaatkan One Drive. One Drive ini saya gunakan untuk menyimpan calon tulisan blog, CV, dan beberapa catatan lainnya. Biar ngga bingung dan kecampur sama kerjaan aja, sih, intinya.



2. Aplikasi writer


Ya, iyalah namanya juga nulis, aplikasi writer tentu jadi barang yang wajib. Jika dulu saya pakai Microsoft Office maka sekarang saya pakai WPS Office, buatan Kingsoft Office, baik untuk PC atau pun Tablet. Gratis untuk aplikasi basic-nya; dan hanya berbayar satu kali untuk premiumnya. Asik kan, ngirit gituh... *emakbangets

3. Aplikasi Notepad

Aplikasi WPS office punya sedikit kekurangan, kurang bisa sinkron dengan Wordpress (kerjaan dan blog resensi saya pakai wordpress). Pengalama saya, kadang ada kata yang terpenggal dengan sendirinya, tidak sesuai dengan pemenggalan kata yang sudah ditulis. 

So, untuk mengubah format yang terbawa, saya pilih pakai aplikasi Notepad ini. Tinggal salin rekat, dah siap untuk masuk ke blog.

4. Aplikasi reminder

Google Keep
Aplikasi reminder kesayangan: Google Keep

Saya menggunakan dua aplikasi dari Google, yaitu Google Keep dan Google Calendar. Saya jatuh cinta habis dengan si Google Keep ini. Bagi saya Google Keep adalah Pensieve Dumbledore versi saya. Semua ide, link-link penting (termasuk link lomba), hingga deadline semua ada di Google Keep. 

To do list wajib tulis disini
Asiknya ni, si Google Keep ini juga bisa di editing di PC, jadi komplit dah, what could I ask for more? Ga lupa saya lengkapi dengan Google Calendar. Fungsinya untuk membuat to do list, dan mencatat dead line tulisan (iye...termasuk lomba ha ha ha).

5. Aplikasi Blogspot

Jelas harus instal dong, biar bisa edit-edit konten waktu mobile gitu, loh.

6. Aplikasi Picture Editor

Ada tiga macem aplikasi yang saya pakai untuk edit gambar, yaitu Picsart, Pixlr Editor, Photoscape, dan PicMonkey. Belum bisa pakai soto-sop dan corel, jadi pakai yang itu dulu lah. 



Nanti kalau udah ada waktu belajar, baru nyobain si soto sama corel. Btw, si PicMonkey Editor saya suka karena ada fitur frame, background, foto collage, dan emoticon.

7. Aplikasi perambah

Yang satu ini penting juga ditulis gituh? Untuk aplikasi perambah, saya pilih Google Chrome. Alasannya simple, karena saya banyak pakai aplikasi dari Google, jadi mudah untuk mensikronkan 
semuanya. 

Nah tu, dia 7 Aplikasi nge-blog favorit Rumah Hana. Kalau Sahabat sendiri suka dengan yang mana?

You May Also Like

4 komentar

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.