Sukses Mewujudkan Resolusi Lebaran dengan Tips dari Cermati

by - 7/25/2015

(Comic made using pixton.com)
Itu dia cerita kegagalan saya mengatur uang THR setahun yang lalu. Wuah, rasanya ga enak banget. Apalagi waktu ibu (dan juga misua) menatap penuh curiga (jadi ingat lagu Obbie mesakh) kenapa saya malah nyuci bukannya nganter saudara pulang. Well, mau gimana lagi, meski salah, saya kan juga musti menyelamatkan kehidupan sesuasai lebaran kan?

Gara-garanya si, saya terlalu terlena dengan "berlimpahnya" jatah THR di tahun lalu. Memang, sedikit atau banyak kalau ga diatur dengan baik, hasil akhirnya pasti berantakan.

So, belajar dari pengalaman mengelola THR di tahun lalu, tahun ini saya lebih ekstra hati-hati. Meski si Dady ga pernah tanya ataupun nuntut bahwa uang THR harus gini-gitu, tapi tetep saya mencoba mengadopsi trik mengelola THR yang baik.
Tips mengelola THR dari Cermati.com
Jadi, saya pun mulai membuat rencana. Pertama membuat daftar pengeluaran Hari Raya dan baru pos-pos tambahan yang lain.

Berhubung ga mudik, dan bukan tipe lebaran harus baju baru, budget untuk kebutuhan Lebaran tahun ini pun tidak begitu besar. Cukup kebutuhan Hana, plus pernak-pernik Lebaran yang penting saja.
Itupun saya hitung dengan cermat; belajar dari pengalaman tahun lalu saat bikin kue dan masakannya ga pakai rencana dan akhirnya malah mubazir.

Alhamdulillah dengan cara ini belanja THR jadi lebih terkendali, karena setiap pengeluaran sudah ada acuannya jadi bisa dipertimbangkan apakah akan sesuai budget, penting, atau malah hanya sekedar kepengen.

Struk dan catatan belanja perlu dikumpulin untuk evaluasi
Dengan cara ini saya juga belajar bahwa untuk urusan keuangan, sebaiknya tidak mengabaikan hal-hal yang kecil. Membuat rencana itu penting banget; sepenting menuliskan realisasi dari rencana tersebut. Cara ini akan membuat kita, sebagai Manager Keuangan Rumah Tangga, lebih mudah untuk mengevaluasi atau memperbaiki rencana keuangan saat tujuan tidak tercapai.

Malas? Sebaiknya kita buang jauh-jauh deh. Buat aja catatan yang simpel, yang penting kita mudah membacanya. Bukankah di Hari Perhitungan nanti, tugas yang satu ini harus kita pertanggung jawabkan, bukan? (#sekedarmengingatkan_diri maaf jika menyinggung)

So, kesuksesan ngatur THR ini akhirnya membuat saya tahu bahwa segala yang terencana itu nyaman, dan memudahkan hidup.

 Jadi, agar bisa merasakan kesuksesan yang sama, seusai lebaran ini pun saya mulai menyusun resolusi Lebaran untuk tahun depan.

Maklum dengan pendapatan UMR, jika tidak mempersiapkan jauh-jauh hari dan cermat membuat keputusan finansial, bisa berantakan deh masa depan (kenapa tulisan saya berirama -an, ya? #abaikan).

Berhubung tujuan finansial saya yang paling dekat masih seputar pengeluaran tahunan yang pasti, (lebaran dan kontrakan) ditambah mempersiapkan biaya masuk sekolah Hana; serta mengingat gaya keuangan saya yang kadang ga tahan untuk gesek kartu, maka saya berpikir bahwa Tabungan Berjangka masih menjadi solusi terbaik untuk resolusi keuangan saya.

Tinggal sekarang milih, produk bank mana yang hendak digunakan. Daripada browsing seharian nyari bank dengan produk yang sesuai, mending gunakan saja ke Cermati.com, landing page untuk aneka produk keuangan dan perbankan.

Mengarah langsung ke Tabungan Berjangka Syariah. Ada 6 tabungan berjangka yang bisa saya pilih.

Ini difilter dari 41 tabungan lho, ga kebayang deh kalo musti browsing satu-satu
Tinggal klik info lebih lengkap dan tentukan pilihan berdasar setoran pertama, jangka waktu, dan biaya administrasi saat penarikan dana, juga ada tidaknya penalti bila dana ditarik sebelum jatuh tempo.

Bukan karena berniat untuk ditarik sebelum waktunya, tapi bukankah waktu yang tersisa sampai bulan Juli 2016 ga sampe 12 bulan, kan? Jadi, penting banget ni mempertimbangkan yang satu ini.

Disinilah untungnya menggunakan Cermati.com. Karena rekomendasi produk keuangan dan perbankannya cukup banyak. Dilengkapi dengan filter keuangan yang membuat "perburuan" kita untuk urusan keuangan jadi lebih gampang.

Nah, selesai sudah urusan perencanaan saya. Bismillah, semoga dengan cara ini semua resolusi keuangan saya setahun ke depan juga akan tercapai dengan baik.

Bagaimana dengan Sahabat Rumah Hana, resolusi keuangan seperti apa yang hendak Sahabat buat seusai Lebaran ini?

You May Also Like

2 komentar

  1. Saya juga sudah buat resolusi keuangan mbak.. semoga kita bisa konsisten menjalani resolusi keuangan ya ..

    ReplyDelete
  2. iya, mbak, konsisten itu memang tantangan sebuah rencana. Amiin mba, semoga kita sukses sampai tahun depan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.