Pengen Dapat Uang dari Internet? Gabung Yuk, di BBlog!

by - 5/14/2014

<a href="http://s.bblog.web.id/c/z7j7s0" rel="nofollow" >berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger [4]</a>
B Blog Indonesia; Salah Satu Blog Network Indonesia

Update on: 12 April 2018: Kemarin di info teman, jika tiba-tiba email dari BBlog sudah tidak aktif. Jadi, pagi ini saya mencari info tentang keberadaan startup ini. Hasil terakhir yang saya peroleh adalah gathering BBlog di bulan Maret 2017. Sementara post terakhir di Facebook bulan April 2017. Intinya, saya tidak tahu apakah BBlog masih aktif atau tidak. Dapat juga disebut, jika informasi terkait BBlog dalam artikel ini, sudah tidak valid lagi. Tapi kalau kamu punya info tentang BBlog, boleh deh, share di kolom komentar.

Banyak orang bilang, internet sekarang ga cuma bisa untuk selfie atau update status aja, tapi bisa juga untuk cari uang. Ada banyak cara untuk dapat mendapatkan uang dari internet; mulai dari yang gampang,- sayangnya sering dibilang sebagai SCAM,- sampai yang ellegan, seperti afiliasi marketing program, web content writer, design grafis, sampai review produk.


Saya tidak akan membahas satu-satu tentang cara mencari uang di internet; tapi sebelum Anda memulai usaha Anda untuk mendapat uang dari internet; cobalah buat sebuah blog dulu. Mengapa? Karena sebuah blog bisa menjadi saran promosi diri Anda; terutama jika Anda berniat untuk menjadi content writer (penulis konten/ isi website) atau reviewer product.


Melalui blog, setidaknya Anda akan dapat memberi gambaran kepada calon pemakai jasa Anda; seperti bagaimana gaya kepenulisan Anda atau cara Anda menyampaikan kepada khalayak apa keunggulan dan kekurangan sebuah produk yang Anda coba.


Jadi, Inilah Alasan Saya Membuat Blog

Saat memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya dan berniat membuat usaha dirumah, salah satu yang ada dipikiran saya adalah menjadi penulis artikel lepas. Disamping menulis adalah hobi saya, saat itu (sekitar 2008) sedang santer-santernya info tentang begitu mudahnya mendapat uang dari internet.

Saya mencoba menjelajahi kemungkinan lowongan penulis lepas yang tersedia, namun sebagian besar, selalu meminta si calon pelamar untuk memasukkan nama website yang dimilikinya. Dari sinilah saya sadar, bahwa blog memang salah satu sarana untuk mempromosikan diri

Blog Pertama Saya




Sudah lama saya mendengar tentang blog, waktu itu koran kompas membahasnya besar-besaran pada salah satu edisinya. Tapi, ya..., karena belum memiliki sarana dan baru melek internet maka tahun 2010 saya baru membuat sebuah blog. Sayangnya, blog ini kosong melompong selama setahun. Maklum waktu itu masih harus ke warnet setiap kali ingin nge-blog.


Ketika akhirnya memiliki akses internet dirumah, barulah kesempatan mengisi blog itu datang. Bingung dengan cara nge-blog yang oke, saya membeli buku panduan "Gampang Nge-Blog dengan Blogspot" terbitan Elex Media.

Buku Jadul Panduan Nge-Blog Saya

(Lagi-lagi) Sayangnya, buku ini terbit tahun 2002, sementara saya mulai mempelajarinya tahun 2011. Blogspot sudah berubah banyak. Tapi tak apalah. sebagian panduannya tetap berlaku tinggal dicari saja padanannya pada tampilan blogspot terbaru. Sambil meraba-raba, inilah cara saya membangun blog pertama saya.

Cara Membuat Blog

Ada banyak situs yang bisa Anda pilih untuk membangun blog, namun yang paling populer adalah Wordpress dan Blogspot. Untuk dapat membuat Blog, hal pertama yang harus dilakukan adalah memiliki akun email. Dua penyedia paling populer adalah yahoo.mail dan Gmail. Karena saya memilih menggunakan Blogspot, maka gmail adalah pilihan saya. Keuntungan lainnya, Blogspot memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa blog dengan satu akun email saja.

Empat Blog Satu Akun Email


Jika sudah memiliki email, maka segeralah buat akun blog Anda pada situs yang Anda inginkan. Sebaiknya nama blog Anda pilih sesuai dengan tujuan blog yang Anda buat. Misalkan Blog saya ini, saya memilih nama "hidupdiseputarku" karena memang saya ingin mengisi blog ini dengan aneka rupa cerita yang terjadi disekitar saya; cerita yang saya harap dan mungkin menginspirasi pembaca blog saya untuk melakukan atau menyelesaikan masalahnya.


Setelah nama blog Anda tentukan, maka mulailah membuat tulisan pertama Anda. Blogspot atau Wordpress saat ini tampilannya sudah sangat sederhana, dan memiliki panduan yang mudah bagi pemula, Anda tinggal mengikuti panduan tersebut untuk memulai tulisan pertama Anda.


Tips Sukses nge-Blog


Ada banyak langkah dan cara agar blog Anda sukses; namun salah satu tips termudah adalah membuat konten yang berguna untuk pengunjung blog Anda. Sehingga mereka akan kembali atau bahkan menjadi follower blog Anda. 

Rapikan post Anda dengan halaman-halaman atau tag yang rapi agar mudah bagi pembaca dan pengunjung mencari apa yang mereka butuhkan. meski blog juga merupakan sarana aktualisasi diri, akan lebih baik untuk mempertimbangkan kepentingan pembaca dengan tidak terlalu banyak meletakkan animasi, atau widget-widget lain yang akan tidak begitu berguna bagi pembaca. 

Artikel terkait: Cara Nge-blog yang Baik

Manfaatkan Blog Anda


Oke, setelah Anda membuat post, kini saatnya untuk memanfaatkan blog Anda; bisa sebagai contoh tulisan untuk agensi naskah, mengikuti lomba atau sarana promosi jasa lain seperti resensi buku dan reviewer product.

Keuntungan yang saya peroleh dari membangun Blog adalah mengalirnya undangan pekerjaan dari salah satu agensi kepenulisan yang saya ikuti.

Keuntungan Nge-Blog

Undangan Pekerjaan Freelance Writing yang Berjibun

Nah, jika Anda tertarik, cobalah bergabung pada kelompok blogger atau jejaring media yang akan membantu Anda untuk mendapatkan info-info baru dan menjadikan blog Anda sebagai sumber penghasilan. Salah satu sarana network yang dapat Anda pilih adalah B Blog Indonesia.

Apa itu B Blog Indonesia?

B Blog Indonesia (Bina Blog Indonesia) adalah perusahaan nomor satu penyedia sarana blog network dan media sosial yang menyediakan info produk-produk terbaru yang baru saja dilepas ke pasar, event ataupun forum-forum sosial yang dapat Anda review atau laporkan keberadaanya. B Blog Indonesia juga merupakan bagian dari korporasi Cyber Buzz Inc., anak cabang dari perusahaan CyberAgent Inc. yang berpusat di Jepang

Dengan bergabung pada B Blog Indonesia Anda dapat mengajukan proyek dengan cara mereview produk dan kemudian menuliskan kesan yang Anda peroleh setelah memakai atau menggunakan jasa dari produk tersebut. Jangan kawatir, produk review akan dikirim kepada alamat Anda oleh B Blog. Anda juga akan mendapat undangan untuk mengikuti event-event yang B Blog ikut serta di dalamnya. Hasil dari event tentu saja harus Anda tuliskan pada blog pribadi serta melakukan posting link pada B Blog "Halaman Saya".

Anda tertarik? Silahkan daftarkan diri Anda pada situs BBlog. Jangan lupa pelajari tautan "Pertanyaan yang Sering Muncul (FAQ)" pada halaman pendaftaran atau login.

You May Also Like

2 komentar

  1. Info ini sangat membantu. Trimakasih mbak. Saya masih newbie di dunia perbloggingan. Pengen seperti mbak dapet job.. ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.