Close Your Eyes, and Let's Prepare for A Bright New Day

by - 7/23/2013



Beberapa hari ini, saya mengalami sebuah masa yang membuat jantung saya serasa berdetak lebih cepat dari biasanya. Selama sebulan ini, saya telah bergabung dalam sebuah komunitas kepenulisan yang di gawangi oleh sebuah agency naskah dan sekaligus sebagai Personal Branding Agency , yaitu INDSCRIPT Creative

Komunitas ini mengadakan sebuah pelatihan kepenulisan selama 2 pekan. Pada akhir sesi kami diminta untuk membuat sebuah proposal karya buku yang pada nantinya hendak di propose ke sebuah penerbit ternaman di ibu kota.


Sungguh jantung saya terasa berdetak lebih kencang kala itu. Bukan mengapa, pada saat yang bersamaan, saya pun sedang mempunyai rencana menulis yang begitu banyak di kepala saya (meskipun itu bukanlah sebuah buku) juga ada beberapa rencana lain yang hendak saya rencanakan. Ada begitu banyak janji dalam rencana-rencana itu. Pada saat itu, saya merasa that I've been pushed to beyod of my limit.


Kondisi ini telah membuat pikiran saya terasa penuh; jika boleh saya bilang stress. Beruntunglah saya menemukan sebuah link (link yang sebenarnya merupakan PR menulis juga bagi kami) yang membahas tentang meditasi. Sebuah cara untuk menilai dan membawa kita pada kesadaran untuk mengenali siapa sesungguhnya diri kita, bagaimana cara pikiran kita bekerja, serta kesadaran mengenai hidup yang sesungguhnya.


Jon Kabat-Zinn, Profesor dari MIT (Massachussetts Institute of Technology) yang juga pakar meditasi, mengatakan, “Wherever You Go, There You Are“. Meditasi akan membimbing Anda menuju jalan terbaik yang harus dituju dan memberikan pengaruh positif pada keadaan di masa yang akan datang. 


Tidak peduli bagaimana masa lalu Anda, seberapa terluka hati Anda, dan sekuat apa masalah dalam hidup Anda, meditasi membuat Anda begitu percaya bahwa masa depan Anda akan berkilau seperti sebuah berlian. Kehidupan yang terus berkembang, berbagai persoalan dan pencapaian, tidak akan memberikan pengaruh besar pada sikap kita. Meditasi membantu si sukses untuk tetap memandang ke bawah dan si gagal untuk tetap tegap melangkah.

Secara praktis, meditasi adalah proses untuk mengendalikan arus pikiran kita. Benak manusia yang selalu aktif memikirkan banyak hal, rencana, atau ambisi dalam hidup kerapkali membuat kita merasa selalu sibuk, terburu-buru, dan tertekan. Meditasi membantu kita untuk berpikir dan bertindak lebih tenang.


Di Indonesia saat ini kita mengenal Adjie Silarus, seorang meditator yang selama 1 tahun terakhir ini menggagas tentang one moment meditation. Beliau adalah lulusan cumlaude dari sebuah Universitas ternama di Yogya.

Dalam salah satu sesi pelatihannya di Semarang, Beliau telah membuktikan bahwa masa depan sebetulnya kitalah yang menentukan. 

It begins with simple acts of closing your eyes. Own your breath your breath and nobody can steal your peace. Peace are in and Happiness will avaible for every moment...

Jadi, beberapa jam terakhir ini, saya mencoba metode tersebut. Terutama ketika kepala saya di penuhi berbagai rencana narasi yang hendak saya tulis. Dan memang efeknya sungguh terasa sangat berbeda.

You May Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung; silahkan tinggalkan komentar, namun mohon untuk tidak meninggalkan link hidup, ya.